7 Makanan yang Bisa Cegah Penyakit Jantung


Penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama yang berakibat pada kematian. Penyakit jantung yang paling umum terjadi dan menyerang pada pria atau wanita adalah arteri atau yang biasa disebut dengan jantung koroner. Situs Medical News Today menerangkan bahwa, penyakit jantung koroner terjadi jika ada penumpukan plak yang dapat mempersempit dinding arteri dan membatasi aliran darah ke jantung sehingga terjadi serangan jantung.

Akan tetapi, penyakit jantung koroner dapat diobati dengan mudah atau dicegah dengan gaya hidup sehat. Seperti contohnya adalah jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Karena pada umumnya, mkanan yang kaya serat, asam lemak omega-3, dan antioksidan memiliki peran penting dalam kesehatan jantung.

Untuk itu ada baiknya kita mengkonsumsi buah-buahan dan makanan lainnya yang dapat membantu mengobati dan mencegah penyakit jantung tersebut. Namun, tidak semua makanan dapat digunakan untuk tujuan tersebut, karena hanya 7 buah dan makanan di bawah ini yang dapat kita manfaatkan untuk membantu mencegah penyakit jantung.

7 Makanan yang dapat Mencegah Penyakit Jantung


1. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan asam oleat tidak jenuh tunggal yang dimana kandungan tersebut diyakini dapat melindungi jantung secara signifikan, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan senyawa anti-inflamasi yang kuat. Kandungan tersebut dapat membantu mengurangi kerusakan pada dinding arteri. Mengonsumsi kunyit telah terbukti memiliki efek langsung pada arteriosklerosis atau pengerasan pembuluh darah.

3. Buah Delima

Jus buah delima sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan dapat meningkatkannya secara optimal. Buah delima terbukti membersihkan arteri yang tersumbat dan dapat meningkatkan aliran darah.


4. Jeruk

Buah jeruk juga mengandung antioksidan dan kaya akan vitamin C. Vitamin tersebut memiliki peran yang kuat dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Bahkan Flavonoid yang terkandung pada buah jeruk dapat membantu melindungi dinding arteri.

5. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang kaya akan kalium, yang dimana kandungan tersebut telah terbukti membantu mencegah penyakit kardiovaskular dan kalsifikasi pembuluh darah di arteri.

6. Ikan

Ikan memiliki kandungan lemak sehat yang baik untuk tubuh. Dengan begitu sering mengonsumsi ikan juga dikaitkan dengan rendahnya risiko serangan jantung. Bahkan asam lemak omega-3 pada ikan juga terbukti mengurangi kadar trigliserida dan mencegah risiko kematian karena jantung.

7.Kacang-kacangan

Kacang merupakan pembangkit tenaga listrik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Bahkan kacang memiliki beberapa kandungan yang berbeda, seperti lemak tak jenuh, vitamin, dan serat, serta magnesium yang akan menghambat penumpukan dan kolesterol di arteri serta membantu mencegah arteri tersumbat.

Nah jadi itulah tadi 7 buah yang dapat mengurangi risiko dan mencegah penyakit jantung. Pada dasarnya, pola makan sehat merupakan salah satu kunci utama yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Powered by Blogger